Pages

Search Here

Jawa Pos Radar Bojonegoro: Bedah Buku Novel Lanang

http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=12649

Radar Bojonegoro
[ Minggu, 13 Juli 2008 ]
Bedah Buku Novel Lanang
BOJONEGORO- SMAN 2 menggelar bedah buku novel Lanang karya Yonathan Raharjo di aula SMAN 2 kemarin. Yonathan merupakan salah satu alumnus SMAN 2 tahun 1987. Novel Lanang berhasil menjadi salah satu pemenang sayembera novel Dewan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2007.

Menurut Yonathan, novelnya ditulis dengan gaya thriller sehingga membaca novel Lanang seperti membaca kisah detektif yang menegangkan. ''Karya ini menjadi bacaan kritis bagi yang tertarik pada isu-isu sosial, psikologi, bioteknologi dan politik kesehatan,''kata pria yang menjadi dokter hewan ini.

Profesinya sebagai dokter hewan itulah yang menginspirasi untuk menulis novel. ''Sebagai dokter hewan, kisah seputar biologi dan bioteknologi sangat menarik,''ujar alumnus Universitas Airlanggga (Unair) Surabaya.

Kehadiran novel Lanang yang mengisahkan virus penyakit yang mematikan ratusan hewan dinilai sangat kontekstual dengan kondisi Indonesia. ''Yakni saat ramai-ramainya flu burung,''terang Yonathan. Dia mengakui, virus flu burung yang bukan hanya mematikan bagi hewan tapi juga manusia menjadi salah satu inspirasi dalam menyusun novel setebal 300 halaman itu. (nas)

2 comments:

Prawoto R. Sujadi said...

Sori Bro...?
ada bebebrpa kesalahan saat menuli berita di radar Bojonegoro.

Tapi kami warga bejonegoro bangga dengan anak "Lanang"

Bojonegoro, tuban, lamongan dan Blora sudah baca berita di radar..?

Diman daerah itu adalah daerah tumpah darah anak "Lanng"

Medeka

Yonathan Rahardjo said...

Bojonegoro adalah tanah bersejarah di mana Angling Darma menegakkan cita-cita kemuliaan untuk mengisi hari hidup anak negeri.
Bojonegoro adalah tanah bersejarah di mana Ronggolawe menegakkan kemerdekaan di tanah luas Mojopahit
Bojonegoro adalah tanah bersejarah ketika Rajekwesi menghunjamkan tombak besinya untuk menyerukan pada dunia luas di sini ada keharuman bangsa.